Apa Itu Dupa ? ?

Apa Itu Dupa ? ?

Asal Muasal Dupa diperkirakan dari kebiasaan umat Hindu/Budha di India/China. Seiring dengan imigrasi ke Asia Tenggara, terutama ke Indonesia, berpengaruh pada Agama sebagian besar penduduk di indonesia. Kerajaan Hindu Majapahit yang berkuasa mempunyai pengaruh besar di daerah Jawa – Bali.

Konon, Dupa di Bali berasal dari sabut kelapa yang dipilin-pilin menjadi tali lalu ditusuk dengan kayu/bambu seperti Sate/cilok. Mungkin karena sering mati dan asapnya terlau banyak,lambat laun bahan dupa diganti serbuk kayu seperti saat ini.

Biasan nya orang menamakannya dengan HIO, YOSHUA, DUPA. Dupa adalah suatu material yang mengeluarkan bau asap yang wangi. Fungsi dupa adalah sebagai alat upacara keagamaan umat Hindu, Budha, Konghucu dll.

Bentuk Dupa ada berbagai macam seperti: Bentuk Batang dari ukuran 11cm s/d 42cm, magic stick, bentuk kerucut, spiral, bentuk hewan,dll. Di indonesia bagian timur, produksi pembuatan dupa terpusat di daerah Malang Raya, Lumajang, Bali, Surabaya dan Semarang. Sebagian besar hasil produksinya dikirim ke bali dalam bentuk karung plastik {40kg). Dupa tsb masih dalam kondisi ½ jadi. Proses pewangian dan pembungkusan kecil dilakukan oleh orang bali sendiri.



7 komentar:

Trihanjaya mengatakan...

tolong dikirim pricelist juga pesan dupa yuanbiao, krucut. dupa sankei 40 cm

Trihanjaya mengatakan...

Tolong diinformasikan alamat dan contact person

hendro mengatakan...

selamat siang,saya punya gaharu dari sulawesi,kalau berminat hub saya 082190121515 an hendro

Risagalvalum mengatakan...

Tolong apakah anda punya dupa joshua A8833 tlg infonya ..trims..

Unknown mengatakan...

saya perlu alamat/pin bb /WAnya

Akademi Bisnis Digital - ABDi mengatakan...

saya Fafa dari PT. INDRATMA SAHITAGUNA, kami supplier serbuk batok, kayu, lengket, dan jati untuk bahan pembuat dupa dan obat nyamuk.
Jika Bapak/ibu membutuhkan produk kami, silahkan menghubungi kami di no 082138790007 atau WA ONLY 089530443908, email fafa_indratma@yahoo.com

Unknown mengatakan...

saya sdh mendapatkan suplayer dikarenakan keterlambatan anda merespon kebutuhan saya
yg dijawab 1 thn kemudian. semoga dilain waktu kita bisa menjalin hubungan